Jumat, 16 Oktober 2015

Perawat Klinik or Clinical Nurse

Pelayanan Keperawatan Merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan yang komphrehensif meliputi Pelayanan Biopsikososiospiritual yang ditujukan kepada klien sehat maupun sakit yang mempunyai daya ungkit yang besar dalam mencapai tujuan pembangunan di bidang kesehatan. Keperawatan sebagai profesi dan perawat sebagai tenaga profesional bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan keperawatan sesuai kompetensi dan kewenangan yang dimiliki secara mandiri maupun bekerjasama dengan anggota tim kesehatan lain untuk kualitas pelayanan keperawatan yang bermutu. 

Pelayanan yang bermutu memerlukan tenaga profesional yang didukung oleh : 
#Faktor internal :
  1. Motivasi mengembangkan karier profesional 
  2. Tujuan pribadi
#Faktor Eksternal
  1. Kebijakan Organisasi
  2. Kepemimpinan
  3. Struktur Organisasi
  4. Sistem Penugasan
  5. Sistem Pembinaan

Pada dasarnya peran utama perawat adalah sebagai :
1. Perawat Pelaksana
2. Perawat Pendidik
3. Perawat Manager
4. Perawat Peneliti ( Riset )

Pada saat ini, sistem pengembangan jenjang karier keperawatan masih belum sepenuhnya terlaksana berbasis kepada kompetensi namun sudah dikembangkan untuk Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) walaupun masih dalam konteks sebuah sistem penghargaan bagi perawat. yang melalui jabatan fungsional perawat yang ditetapkan berdasarkan SK Menpan No. 94/KEP/M.PAN/11/2001 tenJabatan Fungsional Perawat dan Angka Kreditnya. disamping itu. beberapa rumah sakit swasta/khusus sudah mengembangkan jenjang karier sesuai dengan kebutuhannya masing - masing meskipun belum mengarah pada pengembangan Jenjang Karier Professional ( Professional Career Leader ) karena masih belum adanya Acuan Nasional mengenai pengembangan karir profesional bagi perawat. 

Pengembangan Jenjang Karier Profesional yang sudah dikembangkan oleh berbagai sarana kesehatan masih kurang memperhatikan tuntutan dan kebutuhan profesi, serta belum dikaitkan dengan kompensasi atau sistem penghargaan.
Dengan adanya sistem jenjang karier profesional perawat yang diterapkan di setiap sarana kesehatan diharapkan mampu meningkatkan kinerja perawat, dan tentu saja akan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Pengembangan Jenjang Karier pada saat ini lebih menekankan pada posisi atau jabatan struktural dan fungsional saja. sedangkan jenjang karier profesional berfokus pada pengembangan jenjang karier yang bersifat individual.

0 komentar:

Posting Komentar

In Here

SOLUSI BBM HEMAT DAN RAMAH LINGKUNGAN - KLIK GAMBAR UNTUK PEMBELIAN

Follow by Email