Jumat, 16 Oktober 2015

PERAWAT HYPNOTHERAPIST

" PERAWAT LAYAK MENJADI HYPNOTHERAPIST "

Mengapa Hal ini saya sampaikan, ingatlah kembali apakah Profesi Keperawatan itu.

Keperawatan merupakan suatu bentuk layanan kesehatan professional yang merupakan bagian integral dari layanan kesehatan berbasis ilmu dan kiat keperawatan, yang berbentuk bio-psiko-sosio-spiritual yang komprehensif dan ditujukan bagi individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat baik sehat maupun sakit, yang mencakup keseluruhan proses kehidupan manusia (Lokakarya keperawatan nasional, 1983)


Perhatikan kembali bentuk pelayanan yang kita berikan..dari keempat aspek tersebut apakah kita sudah melaksanakan dengan baik ? apakah benar2 kita lakukan semua? atau hanya aspek biologisnya saja..? Tanyakan kepada diri anda sendiri...menjadi seorang perawat merupakan profesi yang sangat mulia..namun tidak mudah menjadi seorang perawat yang proffesional. review kembali bahwa tugas kita adalah menjadi " Care Giver " yakni memberikan Asuhan Keperawatan, yang kedua adalah sebagai " Konselor " yakni menerima konsultasi dan memberikan solusi keperawatan, yang ketiga " Koordinator " yang selalu berkoordinasi dengan sejawat lain dan profesi kesehatan lainnya dalam memberikan Asuhan keperawatan yang holistik. yang keempat Sebagai " Advocat " menjadi pembela pasien terhadap hak dan kewajibannya, kebutuhan informasi, pelayanan dan tindakan yang akan diberikan kepada pasien. yang kelima sebagai " Educator " menjadi pendidik dan mendidik pasien serta keluarga. kemudian " Kolaborator " melakukan Kolaborasi kepada Sejawat Dokter, Ahli Gizi, Dan Tenaga Kesehatan Lainnya untuk memberikan Pelayanan yang optimal. kemudia yang terakhir menjadi " Researcher " atau peneliti. melakukan kajian-kajian keperawatan, meneliti masalah-masalah yang muncul kepada pasien sehingga mampu merumuskan asuhan keperawatan yang tepat kepada pasien dan membuat penelitian atau terobosan - terobosan baru dalam dunia Keperawatan. 

" Apakah Anda Setuju bahwa tugas perawat sangatlah berat ? Ya ...?

      Memilih profesi untuk menjadi perawat di indonesia saat ini memang tidaklah mudah, selain berhubungan dengan kesejahteraan, Ketersediaan lapangan pekerjaan yang sempit dan tidak diimbangi oleh jumlah lulusan, Adanya RUU Keperawatan Semakin Menuntut Kita Untuk Bekerja Lebih Proffesional. Agar Akuntabilitas dan Kredibilitas Keperawatan tidak dipandang sebelah mata oleh sejawat lain. Yakinkan Bahwa Klien, Pasien dan Sejawat benar benar membutuhkan kita demi Kebaikan dan Kesembuhan Pasien.

      Dalam tulisan ini saya mengajak sejawat keperawatan yang saya muliakan untuk bisa benar-benar full kepada pasien, dirasa berat pastilah berat. apalagi jumlah pasien yang kita tanggani jumlahnya tidak seimbang dengan jumlah tenaganya..ingat kembali apakah selama ini kita hanya mengeluh saja terhadap profesi yang kita jalani ini? seberat beratnya tugas yang kita emban asalkan sudah diniatkan dalam hati untuk melaksanakannnya dan IKHLAS pastilah tidak terasa berat. mari kita lebih menyadari akan fungsi dan peran perawat dalam memberikan asuhan keperawatan, MARI KITA MULAI MERAWAT DENGAN HATI, MARI KITA LAKUKAN PERAWATAN YANG HOLISTIK, Langkah pertama yang kita lakukan adalah " MERAWAT BIOLOGIS DAN PSIKOLOGIS PASIEN. mengapa ? Pasti teman teman semua menyadarinya namun tidak berespon cukup baik,,Ingatlah " Bahwa ketika Tubuh / Fisik sakit, maka akan berpengaruh kepada kondisi Psikologisnya, begitu juga jika psikologis pasien terganggu tentu saja tubuh akan merespon hal yang sama. keduanya selalu terkoneksi ". mari kita sadari bahwa tentu saja akan berpengaruh terhadap proses penyembuhan hingga biaya perawatan jika pasien tidak kunjung sembuh. Satu Upaya kita sungguh sangat berati bagi pasien.

Perawat Sudah Dibekali Ilmu yang mumpuni terlebih lagi kita mengetahui yang Namanya " Komunikasi Teraupetik " mari kita gunakan setiap hari kepada pasien, lihatlah respon yang kita dapat jika kita semakin dekat dengan pasien. Bentuk Bayaran yang tidak ternilai dari pasien adalah Senyuman Tulus dan Perubahan Perilaku Kesehatan " 2 hal tersebut sungguh tidak ternilai dari Uang Sebesar Apapun. kita bisa membayar orang untuk tersenyum namun untuk Tulus pasti susah sekali. 

Untuk Bisa berkomunikasi teraupetik memang perlu sebuah pembelajaran dan tidak mudah, dan butuh pengalaman yang penting kita harus berusaha, berlatih dan berlatih. Candaan Ringan, Slight of Mouth Juga diperlukan. 

Kali Ini saya akan memberikan informasi tentang ilmu komplementer yang bisa kita pelajari untuk memberikan pelayanan yang holisitk kepada pasien agar supaya kondisi fisik dan psikologis pasien seimbang dan menuju arah yang sehat. dan saya yakin akan mempercepat penyembuhan pasien. kita patut syukuri karena perawat selalu 24 jam kepada pasien. Ilmu Komplementer Tersebut dinamakan  " Hypnotherapy "


Hypnotherapy adalah metoda untuk mengedukasi pikiran bawah sadar kita. Jika selama ini hati dan pikiran anda tidak sinkron , selalu bertentangan, maka yang menang pasti adalah hati. Hati adalah emosi, emosi letaknya di level pikiran bawah sadar. Jika anda berkata sudah memaafkan seseorang tapi setiap kali ketemu masih kesel, anda baru memaafkan di level pikiran sadar dan di hatinya itu belum , istilahnya belum tulus. Kita bisa tulus ketika kita sudah memaafkannya di level pikiran bawah sadar. Hipnoterapi membantu kita masuk ke level pikiran bawah sadar dan ketika kita di level pikiran bawah sadar kita bisa melepaskan emosi yang selama ini “terperangkap” di bawah sadar yang membuat kita bermasalah/mengalami emosi negatif (marah berlebihan, takut atau cemas berlebihan, tidak pede, susah tidur dll). Kita juga bisa memberikan sugesti positif dan pandangan/pola pikir baru yang lebih mendukung kita mencapai apa yang kita mau di level pikiran bawah sadar. Ketika level pikiran bawah sadar kita bisa melepaskan semua beban di masa lau kita dan melepaskan pola pikir yang tidak mendukung kita mencapai apa yang kita inginkan, maka pikiran bawah sadar kita menjadi sinkron dengan level pikiran sadar kita yang akan membuat kita merasa lebih nyaman, tenang , dan mudah mencapai apa yang kita inginkan.

Masalah yang dapat dibantu dengan hypnotherapy sangat banyak antara lain :
  • tidak percaya diri
  • susah sosialisasi
  • susah tidur
  • takut berlebihan
  • cemas berlebihan
  • serangan panik
  • depresi
  • phobia
  • trauma
  • luka batin/sakit hati
  • menyesal yang dalam
  • psikosomatis
  • vaginismus
  • tinnitus
  • berhenti merokok
  • dll yang berhubungan dengan emosi dan pikiran
Bagaimana Aplikasinya dalam Dunia Keperawatan..?
1. Aplikasi Pain Management
    Mengurangi Rasa Nyeri Pada Pasien Post Operasi, Pemasangan Infus, Perawatan Luka dsb
2. Relaxaxi Pada pasien yg terganggu Kebutuhan Tidurnya
3. Stress Pasca Amputasi, Phobia Jarum Suntik dsb.

Jadi ketika kita menemui permasalahan yang berkaitan dengan pikiran dan emosi tentu perawat sebagai orang terdekat pasien perlu dan wajib untuk menolong....


" BE PROFESSIONAL NURSES"

JIKA SUATU KETIKA ANDA MENYADARI DAN MEMAHAMI PENTINGNYA MEMBERIKAN ASUHAN KEPERAWATAN SECARA HOLISTIK ( BIOLOGIS, PSIKOLOGIS, SOSIAL DAN SPIRITUALNYA )

MAKA BELAJARLAH MENJADI PERAWAT YG PROFESSIONAL

0 komentar:

Posting Komentar

In Here

SOLUSI BBM HEMAT DAN RAMAH LINGKUNGAN - KLIK GAMBAR UNTUK PEMBELIAN

Follow by Email